Sponsor

Sabtu, November 28, 2009

Jalur Puncak-Cianjur Padat Merayap

CIANJUR, MP - Jalur Puncak-Cianjur terlihat padat merayap karena sejak Kami (26/11) lalu sudah mulai dipadati pendatang yang hendak menghabiskan libur Idul Adha di kawasan itu. Begitu juga Sabtu (28/11) menjelang siang masih terlihat antrian panjang kendaraan dari dua arah terlihat sepanjang 5 kilometer.

Termasuk jalan alternatif di kawasan itu, mengalami lonjakan arus kendaraan. Kendaraan yang hendak mencari jalan pintas menuju Cipanas dan sekitarnya, tertahan di jalur itu, selama beberapa puluh menit.

Pantauan di lokasi, antrian panjang kendaraan terjadi dari arah Cianjur tepatnya di Jalan Raya Pasekon dimana terdapat banyak restoran dan rumah makan serta factory outlet yang banyak dikunjungi pendatang.

Begitu pula dari arah sebaliknya, laju kendaraan sempat terhenti selama puluhan menit mulai dari Ciloto-Puncak, hingga Pasar Cipanas Indah.

Puluhan petugas dari satuan lantas Polres Cianjur, diturunkan untuk memutus mata rantai kemacetan di sepanjang jalur itu.

Menjelang siang puluhan petugas terpaksa mengarahkan kendaraan dengan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya ke jalur alternatif Jongol dari arah Cianjur.

"Sedangkan kendaraan yang melintas dari arah Jakarta menuju Cipanas, Cianjur dan seterusnya, kami arahkan ke jalur Hanjawar-Pacet," kata Arief petugas di Pertigaan Hanjawar.

Ia menambahkan, volume kendaraan yang masuk ke wilayah Puncak-Cipanas, telah terjasi sejak dini hari kemarin. Saat ini volume kendaraan terus bertambah, diperkirakan akan terus melonjak menjelang malam.

"Sebagian besar pendatang dengan nomor polisi Jakarta, hendak menghabiskan liburan di kawasan ini. Untuk itu kami mengimbau agar mereka menggunakan jalur alternatif," ucapnya.

Sementara itu, ratusan pendatang terlihat, memadati kawasan Cipanas. Hal itu terlihat dari tingkat hunian hotel dan vila yang meningkat tajam serta tamu restoran yang terus meningkat.

"Untuk hari ini hingga minggu dari 112 kamar yang kami sediakan terisi penuh. Ini terjadi sejak sore kemarin," kata Noni resepsionis salah satu hotel di Jalan Raya Pasekon-Cipanas.

Hal senada terucap dari pemilik Rumah Makan Padang Sati di Jalan Pasekon, Devri. Di mana saat ini, ungkapnya, tingkat kunjungan meningkat tajam, dibandingkan lebaran tahun lalu.

"Sangat meningkat, terlihat dari areal parkir yang kami sediakan, dapat menampung 200 kendaraan, saat ini terisi penuh. Meja yang kami sediakan, hampir setiap jamnya penuh pula," katanya.(red/*an)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut