Sponsor

Rabu, Juni 15, 2011

Gadis 6 Tahun Dipasung di Kandang Kambing

LAMPUNG, M86 - Warga Dusun Munjuk Desa Labuhan Maringgai, Kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur, dipasung kedua orang tuanya karena dikhawatirkan menggangu keselamatan orang lain. Kedua orangtua Suwarni, Samsuri (45) dan Jubaidah (40), menjelaskan mereka melakukan cara ini karena tidak mampu untuk membawa korban berobat ke dokter karena keterbatasan ekonomi.

"Jangankan buat berobat, untuk makan saja kami masih susah," kata Samsuri.

Jubaidah (37), ibu korban mengaku sejak berusia 8 tahun, Suwarni mengalami sakit demam tinggi, selama 1 bulan sakitnya tidak ada perubahan, bahkan Suwarni mengalami perubahan tingkah laku.

Suwarni kerap pergi meninggalkan rumah dan menggigit anggota keluarga. Karena kerap melukai orang lain, keluarga memutuskan untuk mengikat dalam kamar.

Setelah itu, keluarga merasa kasihan melihat luka di tangan akibat gesekan dengan tali. Keluarga kemudian memutuskan untuk memindahkan Suwarni ke bekas kandang kambing di belakang rumah hingga saat ini.

Diakui Samsuri, korban merupakan anak bungsu dari 5 saudara masing-masing Aisah (25), Sunaini (23), Junaidi (18), Umi Kulsum (17). Rata-rata pendidikan yang dikenyam hanya sampai lulus Sekolah Dasar, hanya Umi Kalsum yang lulusan SMP di Bandar Sibawono.

Keluarga Samsuri yang tinggal di rumah geribik berukuran 4 x 6 meter mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah daerah untuk biaya perawatan kesehatan.

Selama ini untuk memenuhi kebutuhan Suwarni, keluarga setiap pagi, siang dan malam mengantarkan makanan, keluarga juga memandikan korban pagi dan sore hari.

Salah seorang warga yang kasihan melihat penderitaan Suwarni mencoba menghubungi wartawan berharap dengan ini ada yang kasihan dan membantu kesembuhan Suwarni.

Semula Nisa mengaku terkejut saat pertama kali melihat ada manusia dalam kandang kambing. Hal tersebut diketahui saat akan ke kebun yang berada di belakang kandang kambing dimana korban dipasung.

Semula tidak pernah curiga karena setiap saat melintas tidak ada hal-hal yang mencurigakan. Pada saat melihat ke kandang tampak ada seseorang di dalam, karena penasaran dilihat ternyata seorang gadis dipasung dalam kandang kambing.

Melihat kejadian tersebut, sebagai manusia merasa sangat prihatin. Untuk itu, mengharapkan adanya perhatian dari Pemerintah Daerah Lampung Timur terutama Dinas Kesehatan.

Diakuinya, sungguh sangat memprihatinkan dimana Lampung Timur masih banyak keluarga yang belum dapat menikmati pelayanan kesehatan dengan baik.

Keadaan masyarakat Lampung Timur, masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kenyataan ini yang kurang menjadi perhatian dari pemerintah daerah Lampung Timur.

Banyak warga yang mengalami kesulitan biaya untuk berobat, meski telah dialokasikan anggaran untuk Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) warga masih kesulitan untuk mendapatkan jaminan tersebut. (red/*jno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut