Sponsor

Rabu, Agustus 03, 2011

1.000 Personel Dikerahkan Amankan Pilkada Buton

JAKARTA, M86 - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengerahkan sebanyak 1.000 personil untuk mengamankan Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Buton yang digelar Kamis (4/8).

"Sebagian dari personil yang diturunkan itu saat ini sudah disebar di 21 kecamatan dan 218 desa se-kabupaten Buton," kata Kepala Bidang Humas Polda Sultra, AKBP Fachrurrozi melalui telepon dari Buton, Rabu (3/7).

Menurut Fachrurrozi, personil petugas yang disebar di seluruh desa di Kabupaten Buton tersebut untuk mengamankan pemungutan suara di tempat-tempat pemungutan suara (TPS).

Sedangkan sebagian personil ditempatkan pada berbagai sarana vital dan strategis milik Pemerintah Kabupaten Buton.

"Langkah itu diambil sebagai upaya antisipasi terjadinya hal-hal yang bisa mengganggu pelaksanaan Pilkada dan memberi rasa aman bagi masyarakat saat menyalurkan hak suaranya di setiap TPS," katanya.

Fachrurrozi mengatakan personil aparat polisi yang dikerahkan pada Pilkada Buton ini jumlahnya jauh lebih besar.

Dibandingkan dengan personil petugas yang dikerahkan di daerah lain di Sultra yang sudah menyelenggarakan Pilkada seperti Wakatobi, Bombana dan Konawe Utara, kata dia, jumlahnya lebih besar dua kali lipat.

"Mengerahkan personil sebanyak itu, bukan karena wilayah Buton kurang aman, akan tetapi semata-mata atas pertimbangan letak geografis Kabupaten Buton yang cukup luas dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten lain di Sultra," katanya.

Selain 1.000 personil tersebut kata Fachrurrozi seluruh petinggi Polda termasuk Kapolda Sultra sendiri, Brigjen Pol Sigit Darmanto ikut memantau pelaksanaan Pilkada Buton.

Menurut dia, seluruh pejabat utama Polda Sultra saat ini sudah berada di Buton.

"Kita harapkan, pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan di Buton dapat berjalan lancar, aman dan terkendali," katanya. (dya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut