Sponsor

Senin, Agustus 15, 2011

Api Berkobar 11 Jam Akhirnya Bisa Dijinakkan

PADANG, M86 - Si jago merah yang melumat 24 toko di kompleks Nusantara Building, Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, sejak tadi siang, akhirnya bisa dijinakkan, Senin (15/8) dini hari pukul 01.00 WIB.

Api berhasil dikendalikan berkat kerja keras 19 armada dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang di bantu dari Kota Pariaman, Pelabuhan Teluk Bayur, Semen Padang, dan Kampus Universitas Andalas Padang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Budhi Herwanto mengatakan, penyebab susahnya memadamkan api lantaran fasilitas air jauh dari lokasi kejadian.

“Air PDAM yang ada di dekat Pasar Raya Padang ini sudah ditutupi para PKL, sehingga kita mengambil air di dekat jembatan Marapalam, Lubuk Begalung, Padang. Akibatnya api sudah mulai susut namun air tak ada lagi,” ungkapnya.

Api pun dengan ganas membakar toko tekstil, toko buku dan alat tulis, jam, toko emas, dan apotik yang berlokasi di jalan M Yamin, Imam Bonjol, dan Hiligoo, Kota Padang.

“Kerugian yang ditaksir dari kebakaran ini mencapai miliaran rupiah. Api berasal dari toko Indonesia Tekstil, awalnya mereka tidak mau membuka. Lalu terpaksa kita buka paksa dan isinya sudah hangus,” ungkap Budhi.

Toko-toko yang ludes terbakar, lanjut dia, umumnya dialami oleh toko-toko yang tidak beroperasi pada hari Minggu. “Ini juga menjadi kendala bagi kita yang mencoba membuka dengan paksa toko tersebut, namun kunci terlalu kuat. Rata-rata toko yang terbakar ini di lantai dua sampai atap, yang terbakar bagian atap ini yang bisa diselamat isi tokonya,” kata Budhi.(red/*okz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut