Sponsor

Kamis, Agustus 18, 2011

Tak Mau Kalah, Bali Luncurkan Bus Trans Sarbagita

BALI, M86 - Tak mau kalah dengan ibukota Jakarta yang memiliki busway atau bus Trans Jakarta. Bali juga mempunyai moda angkutan massal bus Trans Sarbagita, yang diluncurkan Kamis (18/8) pagi ke publik. Tak pelak, warga Bali pun berama-ramai mencoba bus baru tersebut.

Sekedar untuk diketahui Trans Sarbagita adalah sebuah mode angkutan massal yang melayani trayek empat Kabupaten Kota, yaitu Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Gianyar, dan Tabanan.

Bus Trans Sarbagita diperkenalkan Gubernur Bali Made Mangku Pastika di kantor gubernur, Jl Basuki Rahmat, Denpasar, Kamis (18/8). Dan langsung dioperasikan dengan sebelumnya peluncuran ditandai dengan para pejabat dan Pastika menumpangi bus berwarna biru ini. Mereka diangkut berkeliling kawasan perkantoran Renon, Denpasar.

"Bus mulai beroperasi hari ini Kamis," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali Made Santha, Kamis (18/8).

Trans Sarbagita untuk tahap awal hanya melayani rute Batubulan, Gianyar menuju Nusa Dua, Badung. Rute tersebut melewati kawasan Kota Denpasar.

Bus akan beroperasi sejak pukul 05.00 Wita hingga 21.00 Wita. Tarif angkutan bagi masyarakat umum Rp 3.500 dan pelajar Rp 3.000.

Untuk menunjang operasi proyek Trans Sarbagita, pihak Pemerintah Provinsi Bali akan menyiapkan sebanyak 15 bus. Sepanjang jalur telah dibangun halte sebanyak 24 halte yang permanen dan sementara.

Pramujasa Berpakaian Ala Pramugari

Ia menambahkan, transportasi massal Trans Sarbagita di Bali ini menjadi trend mark pariwisata baru. Untuk melayani masyarakat Bali dan wisatawan, pramujasanya yang merupakan wanita cantik akan berpakaian ala pramugari.

Sebagai daerah tujuan wisata dunia, Bali menerapkan standar tinggi pada layanan transportasi bus Trans Sarbagita. Tak cuma pramujasanya, sopir bus juga tampil beda.

"Pramujasa juga beda, dengan seleksi ketat standar pariwisata dunia. Pramujasa perempuan tinggi minimal 160 cm dengan badan proporsional," kata Santha lagi.

Selain berpenampilan menarik, sebanyak 30 pramujasa ini akan memberikan layanan seperti layaknya pramugari kepada penumpang. Pramujasa ini tak hanya menarik tiket tapi bisa memberikan informasi transportasi kepada penumpang dan wisatawan. "Kita latih pramujasa seperti pramugari. Pakaiannya pun akan seperti pramugari yang disiapkan pemerintah," kata Santha.

Trans Sarbagita, proyek angkutan wisata yang melayani transportasi antar kota dan kabupaten. Sarbagita adalah singkatan dari Denpasar, Badung, Gianyar, dan Tabanan. (cok/108csr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut