Sponsor

Minggu, September 27, 2009

Pegunungan Dieng Semburkan Lumpur Panas

BANJARNEGARA, MP - Kawah Sileri di Pegunungan Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menyemburkan lumpur panas dengan ketinggian yang tidak terukur dan radius lemparan material sejauh 200 meter.

"Kejadiannya semalam (Sabtu malam, red.), sekitar pukul 20:00 WIB dan hanya terjadi beberapa saat karena lumpur panas tersebut segera dingin dalam kurun waktu 30 menit," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Dieng, Tunut Pujiarjo di Banjarnegara, Minggu (27/9).

Akibat kejadian tersebut, kata dia, bibir kawah mengalami kerusakan dan beberapa material semburan merusak sebagian kecil lahan pertanian di sekitar Kawah Sileri.

Meski demikian, lanjutnya, peristiwa semburan lumpur tersebut tidak berbahaya karena merupakan letusan freatik yang sering terjadi, yakni pada 1944, 1964, 1984, dan 2003.

Disinggung kemungkinan adanya gas beracun yang dikeluarkan bersamaan semburan lumpur panas, dia mengatakan, hal itu belum terdeteksi meski kemungkinan tetap ada dengan konsentrasi yang sangat kecil.

Terkait letusan tersebut, dia mengatakan, kunjungan wisata di Kawah Sileri sebaiknya ditutup untuk sementara waktu, sedangkan kawah lainnya tetap dibuka untuk wisatawan.

"Kalau pun ada wisatawan yang hendak berkunjung ke sini (Sileri, red.), mereka hanya boleh melihat dari jarak 500 meter," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Banjarnegara, Agus Hermawan mengatakan, pihaknya akan segera mengecek kondisi di lokasi kejadian.

"Peristiwa seperti ini memang sering terjadi dan tidak mengeluarkan gas beracun. Akan tetapi kami selalu mengingatkan wisatawan untuk tidak mendekati kawah," katanya.

Seperti yang diketahui, Kawah Sileri yang pernah beberapa kali meletus tersebut merupakan salah satu kawah aktif dan terluas di Pegunungan Dieng yang luasnya mencapai dua hektare, sehingga wisatawan hanya diperbolehkan melihat kawah dari jarak beberapa ratus meter. (red/*ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut