Sponsor

Senin, November 23, 2009

KM Dumai Express 10 Tenggelam

KARIMUN, MP - Kapal penumpang KM Dumai Express 10 tujuan Batam-Dumai, Minggu (22/11) kemarin sekitar pukul 08.30 tenggelam di Perairan Tukong Iyu, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepri.

"Biasanya kapal tersebut singgah di Pelabuhan Domestik Tanjung Balai Karimun, tapi kali ini tidak, padahal saat ini gelombang cukup besar," ucap Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Karimun, Cendra Nawazir, di Tanjung Balai Karimun.

Cendra Nawazir menjelaskan terkait kejadian itu, dirinya langsung memerintahkan satu unit speed boat milik Dinas Perhubungan untuk membantu tindakan evakuasi.

"Secara pasti belum diketahui jumlah penumpang yang diangkut oleh kapal tersebut, yang jelas peristiwa itu terjadi di Perairan Tukong Iyu, sebelah Utara Pulau Karimun Besar," katanya.

Pantauan di lapangan, jajaran TNI AL Tanjung Balai Karimun dan personil Administrator Pelabuhan TBK berserta dua kapal penumpang lainnya yang ada di Pelabuhan TBK langsung menuju lokasi untuk melakukan evakuasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun kapal tersebut berangkat dari Pelabuhan Sekupang, Batam tujuan Dumai sekitar pukul 07.30 dengan jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 213 orang.

Hingga kini secara resmi institusi terkait belum memberikan keterangan resmi tentang penyebab dan kronologi kejadian tersebut.

Menurut mantan pelaut, Basri Muhammad, diduga kapal itu tenggelam dihantam gelombang besar. "Saat ini sedang musim angin Barat Laut, dari Batam ke Karimun kapal langsung menghadang angin, apalagi di Utara Pulau Karimun gelombang laut lebih besar," katanya. (red/*wk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut