Sponsor

Rabu, November 25, 2009

Tangsel Siapkan Sistim Pembuatan KTP Online

TANGERANG, MP - Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah menyiapkan perangkat sistem informasi administrasi kependudukan online. Dengan sistem itu, wilayah baru tersebut menargetkan, penerapan kartu tanda penduduk secara online bisa diterapkan 2011 mendatang. "Masalah kependudukan di Tangerang Selatan sudah online," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangerang Selatan, Zainil Aminin, Rabu (25/11).

Sistem online, kata Zainal, merupakan program pemerintah untuk merapikan dan menertibkan administrasi kependudukan secara nasional. Di Tangerang Selatan, kata dia, masalah administrasi belum tertib.

Masih banyak warga yang memiliki KTP ganda. Instansi itu mencatat, saat ini 4.100 warga Tangerang Selatan memiliki identitas ganda.

Data tersebut, kata Zainal, berdasarkan data validasi kependudukan Tangerang Selatan bulan Juni lalu. "Kebanyakan warga memiliki KTP Jakarta," katanya.

KTP ganda merupakan salah satu permasalahan administrasi kependudukan di Tangerang Selatan. Selain KTP ganda, lanjutnya, administrasi kependudukan lainnya seperti akte kelahiran, akte kematian dan akte ubah nama juga belum tertib.

Dengan sistem online, Zainal menjelaskan, tidak akan ada lagi KTP ganda. Sebab, nantinya pembuatan KTP akan berdasarkan data dari RT,RW, Kelurahan dan Kecamatan yang terhubung secara online. "Selain itu, KTP hanya ditandatangani kepala dinas Kependudukan, tidak lagi camat," katanya.

Saat ini, kata dia, sedang dilakukan pembangunan tower jangkauan sistim online di tujuh kecamatan. Langkah validitas dan pemutakhiran data penduduk Tangerang Selatan juga dilakukan melalui operasi yustisi.

Sekedar untuk diketahui Kota Tangerang Selatan merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang. Terbentuk pada November 2008 setelah Dewan Perwakilan Rakyat menyetujui tujuh kecamatan yang mencakup kecamatan Ciputat, Ciputat Timur, Serpong, Serpong Utara, Pamulang, Pondok Aren dan Setu sebagai kota baru. (red/*tif)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut