Sponsor

Rabu, Juli 13, 2011

Pemkot Malang Butuh 1.200 PNS

MALANG, M86 - Pemerintah kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur, hingga saat ini masih kekurangan sekitar 1.200 pegawai yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang Wahyu Santoso, Rabu, mengakui, pihaknya sudah mengajukan tambahan pegawai dalam penerimaan calon PNS 2011 sebanyak 1.000 orang.

"Dari pengajuan sebanyak itu (1.000-red) yang disetujui setiap tahun rata-rata hanya 200-250 CPNS atau hanya bisa menutup jumlah pegawai pensiun setiap tahunnya yang rata-rata juga 200-300 orang," kata Wahyu menambahkan.

Ia mengaku, jika setiap tahunnya hanya bisa menambah 200-250 PNS baru itu menjadikan kebutuhan pegawai yang berstatus PNS tidak pernah terpenuhi, sehingga hampir semua satuan kerja perangkat daerah (SKPD) mengangkat tenaga honorer.

Meski sejak 2009 lalu tidak ada pengangkatan tenaga honorer dan honorer lama sudah banyak yang diangkat menjadi PNS, katanya, jumlah pegawai honorer di lingkungan Pemkot Malang masih tetap tinggi. Bahkan, jumlahnya masih ribuan.

Mantan Kadisnakersos Kota Malang itu mengakui, selama ini yang paling sulit memenuhi kebutuhan adalah PNS dokter spesialis, bahkan setiap ada penerimaan CPNS kuota untuk dokter spesialis tersebut tidak ada yang mendaftar.

Padahal, lanjutnya, dalam waktu dekat ini Pemkot Malang juga mulai melaksanakan pembangunan rumah sakit daerah dan beberapa puskesmas statusnya meningkat menjadi puskesmas rawat inap.

Menyinggung kebutuhan terbanyak dalam penerimaan CPNS 2011, Wahyu mengatakan, masih tetap didominasi oleh tenaga pendidik (guru), tenaga teknis, dan tenaga kesehatan.

Hanya saja, kata mantan Kabag Hukum Pemkot Malang itu, sampai saat ini pihaknya menerima petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) serta kuota yang diberikan untuk Kota Malang.

"Informasinya September ini ada perekrutan CPNS. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini semua yang terkait dengan penerimaan CPNS baru sudah jelas, sehingga kami bisa melakukan persiapan secara matang," kata Wahyu menambahkan.

Jumlah PNS di lingkungan Pemkot Malang saat ini mencapai 10.243 orang dan 6.500 orang diantaranya adalah guru (lebih dari 60 persen). (red/*ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut