Sponsor

Jumat, September 02, 2011

Gubernur DIY Gelar "Open House" di Keraton

YOGYAKARTA, M86 - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X akan menggelar "open house" atau silaturahmi Lebaran 2011 di Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, 5 September 2011. "Jika pada tahun-tahun sebelumnya `open house` dilakukan di Bangsal Kepatihan Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tahun ini digelar di keraton," kata Kepala Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DIY Kuskasriyati di Yogyakarta, Jumat (2/9).

Menurut dia, "open house" tahun ini digelar bertepatan dengan peringatan 66 tahun Maklumat 5 September 1945 yang merupakan dasar dari status istimewa bagi Provinsi DIY.

"Dengan adanya momentum tersebut warga yang datang diperkirakan cukup banyak, sehingga konsumsi berupa `jajan pasar` yang disediakan juga akan ditambah, yakni untuk sekitar 6.000 orang. Biasanya kami hanya menyajikan konsumsi untuk sekitar 5.000 orang," katanya.

Ia mengatakan, "jajan pasar" yang akan disajikan merupakan suguhan khas di setiap "open house" Sultan yang juga Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan masyarakat.

"Jajan pasar" itu antara lain berupa aneka jenang, lapis, kue lopis, grontol, tiwul, klepon, dan wajik. `Open house` akan dimulai pukul 09.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB," katanya.

Menurut dia, masyarakat dipersilakan datang ke Pagelaran Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

"`Open house` akan dilakukan dengan berdiri, tetapi khusus untuk yang sudah tua, sambil menunggu antrean untuk bersalaman dengan Sultan akan disediakan beberapa kursi dan tikar," katanya.(dya/*ant)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut