Sponsor

Kamis, September 24, 2009

Busyet 600 PNS Pemprov Jabar Bolos

BANDUNG, MP - Sebanyak 600 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemprov Jabar serta 42 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bolos pada hari pertama kerja pasca Lebaran 2009.

"Jumlah pegawai yang bolos pada hari pertama kerja ini sekitar empat persen dari, sebagian besar tanpa alasan yang jelas," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Satpol Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Barat, M Hidayat di Bandung, Kamis (24/9).

Menurut Hidayat, jumlah PNS di lingkungan Pemprov Jabar dan 42 SKPD berjumlah sekitar 15.750 orang. Sebanyak empat persennya masih belum masuk kerja, diduga masih berada di kampung halamannya setelah Lebaran 2009 lalu.

Pada hari pertama kerja itu, Gubernur Jawa Barat H Ahmad Heryawan, Kasatpol PP Jabar M Hidayat serta pejabart Pemprov Jabar lainnya menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke Dinas Pendidikan Jawa Barat dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat.

Hasil sidak itu, rata-rata jumlah PNS yang bolos dari hasil pengecekan daftar absensi sekitar empat persen.

"Jumlahnya tidak signifikan, namun tetap akan dilakukan tindakan administrasi berupa teguran hingga sanksi administrasi," tegasnya.

Menurut dia, PNS yang bolos kerja akan dicek trek rekor kehadirannya, termasuk pula pada hari pertama kerja pada Lebaran 2008 lalu. Bila didapati pada tahun lalu juga bolos, makan akan dilakukan sanksi administratif sesuai dengan aturan yang ada.

"Dari dan rekaman kehadiran PNS setahun lalu itu ada di file BKD dan di kantor masing-masing, bila Lebaran tahun ini kembali bolos kerja, jelas akan ketahuan. Bila terus-terusan bolos seperti ini sanksinya bisa penurunan pangkat," jelasnya.

Meski demikian, pihaknya meminta agar PNS yang bolos dimintai keterangan alasan mereka tidak masuk kerja pada hari pertama pasca Lebaran itu.(red/*b8)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut