Sponsor

Jumat, Maret 04, 2011

KTP Palsu Banyak Beredar di Kota Depok

DEPOK, M86 - Depok Jumat tadi siang masih melakukan razia dan penyitaan terhadap Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu. Kartu Tanda Penduduk palsu ini banyak beredar di Kota Depok.

Tujuan KTP palsu ini adalah memperdaya aparat penegakan hukum untuk administrasi, misalnya untuk perpanjangan kendaraan, dan mengurus akta. Setidaknya sebanyak 60 KTP disita di kantor Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Depok.

Kasubsi Samsat Depok, AKP Argo Wiyono menjelaskan, anggotanya telah meyita beberapa KTP palsu. Mereka tidak bisa melakukan perpanjangan surat-surat kendaraannya terkait KTP mereka yang palsu.

"Penyitaan ini dilakukan hampir setiap hari. Karena setiap hari ada saja wajib pajak yang menggunakan KTP palsu. Bahkan sudah delapan bulan ini sekitar 60 KTP palsu disita," kata Argo.

Polres Kota Depok kini sudah memiliki alat deteksi terhadap KTP palsu, yang peredarannya banyak di Kota Depok. Setidaknya masyarakat bisa lebih berhati-hati atas KTP palsu tersebut.

Perwira Urusan (Paur) STNK Samsat Depok, Iptu Robiin menjelaskan, alat deteksi ultraviolet ini sudah diletakkan pada setiap loket pelayanan untuk mengantisipasi KTP palsu dan uang palsu.

KTP, lanjutnya, merupakan persyaratan mutlak pengurusan surat-surat kendaraan bermotor di Samsat baik perpanjangan dan pengesahan STNK, maupun mutasi atau balik nama dalam Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). (jek/*jno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut