Sponsor

Sabtu, Mei 28, 2011

214 Warga Lampung Terjangkit Virus HIV/AID

LAMPUNG, M86 - Mengkhawatirkan, 214 warga Bandar Lampung terinfeksi HIV/AIDS. Jumlah kasus HIV dan AIDS serta infeksi menular seksual (IMS) di kota Bandar Lampung terbilang cukup tinggi.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bandar Lampung yang berlangsung di ruang Telecommunication Command Centre (TCC) Polresta Bandar Lampung.

Dari laporan Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, sejak tahun tahun 2005 sampai Maret 2011, sebanyak 214 orang terinfeksi penyakit tersebut di kota Bandar Lampung yang dikenal dengan Tapis Berseri.

Hadir dalam acara tersebut, Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Pol Guntor F Gaffar, dan Kepala Dinas Kesehatan Bandar Lampung, dr. Wirman, yang juga selaku sekretaris KPA Bandar Lampung serta 78 peserta yang diundang dalam rakor tersebut.

Pada rakor itu juga terungkap jumlah kasus penyakit infeksi menular seksual (IMS) ditahun 2010, diantaranya gonorhoe sebanyak 76 kasus, sifilis 9 kasus, dan IMS jenis lain 355 kasus.

Sedangkan penderita kasus IMS pada Januari - Maret 2011 untuk gonorhoe 17 kasus, servitis (30), sifilis (2) dan IMS jenis lain (159).

Sekretaris KPA Bandar Lampung, dr. Wirman, dalam sambutannya mengatakan, peningkatan epidemi HIV yang signifikan telah terjadi di kota Bandar Lampung dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Penularan utama terjadi pada kelompok yang melakukan hubungan seksual beresiko dan pengguna narkoba suntik.

Dia menerangkan, program pencegahan dan penanggulangan HIV / AIDS di Bandar Lampung adalah melalaui pencegahan melalui transmisi seksual (PMTS) untuk masyarakat yang memiliki perilaku berisiko tinggi, selain itu program Harm Reduction (HR) atau pengurangan dampak buruk bagi pengguna narkoba suntik dan pasangannya.

"Jumlah kasus HIV dan AIDS serta IMS di wilayah kota Bandar Lampung dan epidemic ini merupakan fenomena gunung es, karena masih banyak kasus yang belum ditemukan untuk wilayah kota Bandar Lampung," tukasnya. (red/*jno)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut