Sponsor

Rabu, Juli 27, 2011

Bulan Depan, Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Ditutup

PANGRANGO, M86 - Jalur pendakian Gunung Gede dan Pangrango akan ditutup selama satu bulan sejak 1 Agustus sampai 31 Agustus 2011. Penutupan ini didasarkan Surat Keputusan Kepala Balai Besar TNGGP Nomor : SK.231/11-TU/3/2011 tanggal 11 Juli 2011 tentang penutupan kegiatan pendakian.

"Tujuan dari ditutup sementara jalur pendakian umum ini untuk pemulihan ekosistem dan pencegahan bahaya kebakaran kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP)," ujar Kepala Balai Besar TNGGP, Agus Wahyudi, Rabu (27/7).

Ia menjelaskan, penutupan sementara ini merupakan agenda rutin pihaknya dalam perbaikan ekosistem di Gunung Gede dan Pangrango, karena selama dibuka untuk pendakian ada beberapa lokasi yang perlu perbaikan lagi.

Lebih lanjut, penutupan ini juga untuk mengembalikan kondisi alami kedua gunung ini. "Kami berharap para pendaki untuk memahaminya peraturan ini dan jika sudah resmi dibuka kembali maka kami akan mempersilahkan siapapun untuk kembali asalkan mengikuti petunjuk dan peraturan mendaki," jelasnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada para pendaki yang saat ini masih melakukan pendakian agar sebelum 1 Agustus sudah turun gunung, selain itu pihaknya juga saat ini sudah mulai membatasi orang yang ingin mendaki.

"Walaupun diizinkan kami memberikan batas waktu sampai pukul 24.00 WIB pada 31 Juli setelah itu segala bentuk pendakian ditutup," tambah Agus.

Agus menuturkan, pihaknya juga sudah menugaskan petugas keamanan gunung untuk melakukan penyisiran pada hari penutupan, ini dimaksudkan agar pada 1 Agustus tersebut sudah tidak ada kegiatan pendakian lagi untuk umum.

Dikatakannya, surat edaran ini sudah disebar ke seluruh lokasi seperti pintu masuk pendakian, loket pendaftaran pendakian, pintu masuk lokasi wisata dan lokasi-lokasi strategis lainnya. (dya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut