Sponsor

Rabu, Agustus 31, 2011

Lebaran, Aceh Diguncang Gempa

ACEH, M86 - Gempa kembali mengguncang Nangroe Aceh Darussalam. Kali ini, gempa dengan kekuatan 5,0 skala richter berpusat di 13 km Barat Daya Sinabang.

Gempa terjadi pukul 10.08 WIB. Lokasi tepatnya di 2.43 Lintang Utara atau 96.25 Bujur Timur. Gempa ini terjadi pada kedalaman 10 km.

Namun, menurut peringatan dalam laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, gempa kali ini tidak menimbulkan tsunami.

Pada 26 Desember 2004 silam, terjadi gempa dengan kekuatan sekitar 8,5 SR yang menimbulkan tsunami. Air laut bergulung-gulung menyapu sejumlah kota di propinsi itu. Korban jiwa diperkirakan mencapai ratusan ribu orang. Kawasan ini memang sering dilanda gempa.

Sejumlah hasil riset menyebutkan bahwa tsunami yang melanda Aceh pada 2004 itu bukan yang terdasyat sepanjang sejarah di wilayah itu.

“Dari riset yang dilakukan di Meulaboh, Nanggroe Aceh Darussalam, berdasarkan endapan paleotsunami, dapat dilihat bahwa pernah terjadi giant tsunami di Aceh sekitar 600 tahun silam,” kata Eko Yulianto, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia di Pusat Studi Bencana (PSB) Universitas Gajah Mada. (dya/*vvn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails

Pengikut